4 Pulau Tujuan Wisata Dunia di NTB Dapat Listrik Kabel Bawah Laut PLN

Written By Unknown on Thursday, September 20, 2012 | 10:00 AM

Jakarta - Sebanyak 4 pulau yang menjadi tujuan utama pariwisata dunia di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air akhirnya terhubung listrik kabel bawah laut PLN berkapasitas 20 kV.

Kabel sepanjang 10 km tersebut memiliki tebal 3x95 milimeter persegi dengan 2 sirkuit berkapasitas 9,7 MVA. Lewat kabel bawa laut ini, maka keempat pulau mendapatkan pasokan listrik andal dari dua arah melalui Express Feeder 20 kV existing Ampenan-Senggigi-Tanjung.

Sambungan listrik teralir terhitung mulai Rabu (19/09) pukul 17.00 WITA. Dengan kabel bawah laut ini maka PLN mengentikan operasi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di Gili Trawangan, dan juga di Gili Meno dan Gili Air.

"Total 16 unit mesin diesel dengan daya mampu 3.000 kW dihentikan pengoperasiannya seiring kehadiran interkoneksi jaringan kabel bawah laut ini. Selanjutnya, pasokan listrik ke 3 Gili tersebut selain disuplai dari sistem kelistrikan Lombok juga disuplai dari PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) komunal yang telah beroperasi selama ini di 3 Gili dengan total daya terpasang 1.125 kilo Watt peak (kWp)," jelas General Manager PLN NTB Akbar Ali dalam siaran pers, Kamis (20/9/2012).

Kabel bawah laut ini memberikan penghematan kepada PLN sebanyak Rp 21 miliar per tahun, karena listriknya disuplai juga dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jerangjang.

"Melalui interkoneksi kabel bawah laut ini, maka listrik 3 Gili ini akan semakin kuat dari sisi pasokannya, karena mendapat suplai listrik dari sistem Lombok, sehingga PLN siap untuk melayani semua masyarakat termasuk jika ada resort wisata yang ingin menjadi pelanggan PLN, tentunya dengan menggunakan skema layanan listrik premium bukan tarif subsidi. Hal ini diharapkan akan ikut serta mendorong pertumbuhan pariwisata di daerah ini dan juga secara nasional" jelas Direktur Operasi PLN Indonesia Timur Vickner Sinaga.

Kepala Dusun Gili Trawangan Marwi mengatakan, warganya sudah lama menantikan hadirnya interkoneksi Lombok-3 Gili.

(dnl/hen)


Anda sedang membaca artikel tentang

4 Pulau Tujuan Wisata Dunia di NTB Dapat Listrik Kabel Bawah Laut PLN

Dengan url

http://computerandtechnologynews.blogspot.com/2012/09/4-pulau-tujuan-wisata-dunia-di-ntb_20.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

4 Pulau Tujuan Wisata Dunia di NTB Dapat Listrik Kabel Bawah Laut PLN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

4 Pulau Tujuan Wisata Dunia di NTB Dapat Listrik Kabel Bawah Laut PLN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger