Produk Halal RI Belum Diakui UEA, Gita Wirjawan: Saya Jujur Tak Tahu, Masih Diselidiki

Written By Unknown on Tuesday, September 18, 2012 | 10:00 AM

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengakui belum tahu persis sejak kapan kasus produk-produk Indonesia tak diakui sertifikasi halal-nya oleh Uni Emirat Arab (UEA). Ia berjanji akan menindaklanjuti masalah ini, termasuk akan mengirim dirjennya ke UEA.

"Saya jujurnya tidak tahu, masih diselidiki," katanya di Istana Negara, Selasa (18/9/2012)

Menurut Gita pihaknya juga belum tahu berapa kerugian dari kasus ini, apalagi produk Indonesia tentunya akan terhambat dengan adanya sikap dari UEA. Gita akan melakukan konsolidasi dan segera menyikapi masalah tersebut agar produk Indonesia bisa masuk UEA dan sertifikat halalnya bisa diakui.

"Kita akan follow up, ini masih preliminary jadinya saya kurang mendalami detailnya, saya sudah minta dirjen untuk kedepankan masalah ini," katanya

Seperti diketahui sejumlah produk Indonesia ditolak di pasar negara Islam yang meragukan kehalalannya. Padahal, produk tersebut telah mendapatkan label halal resmi dari LP POM MUI. Salah satu produk tersebut adalah ikan kaleng yang ditolak di Uni Emirat Arab (UEA).
Sementara itu Ketua MUI Ma'ruf Amin di tempat yang sama mengakui soal kenyataan tersebut. Namun ia menegaskan bahwa persoalan itu lebih pada masalah administratif, bukan soal standar halal Indonesia yang di bawah UEA.

"Itu kan soal administratif saja, bukan dalam bentuk standar. Kalau standar kita justru sudah diakui di lembaga-lembaga luar negeri. Bahkan banyak yang gunakan standar kita dan minta pengakuan dari kita," tegas Ma'ruf.

(hen/dnl)


Anda sedang membaca artikel tentang

Produk Halal RI Belum Diakui UEA, Gita Wirjawan: Saya Jujur Tak Tahu, Masih Diselidiki

Dengan url

http://computerandtechnologynews.blogspot.com/2012/09/produk-halal-ri-belum-diakui-uea-gita.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Produk Halal RI Belum Diakui UEA, Gita Wirjawan: Saya Jujur Tak Tahu, Masih Diselidiki

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Produk Halal RI Belum Diakui UEA, Gita Wirjawan: Saya Jujur Tak Tahu, Masih Diselidiki

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger