DPR Setuju Jatah BBM Subsidi Ditambah 4 Juta Kiloliter

Written By Unknown on Monday, September 17, 2012 | 10:00 AM

Jakarta - Komisi VII DPR menyetujui tambahan kuota atau jatah BBM subsidi sebanyak 4,04 juta kiloliter (KL) tahun ini. Pemerintah meminta tambahan jatah ini karena konsumsi BBM bersubsidi tiap bulan jebol 11%.

"Pemerintah meminta kepada DPR untuk meminta tambahan kuota BBM subsidi sebesar 4,04 juta KL dikarenakan berdasarkan realisasi konsumsi penyaluran BBM subsidi per Agustus 2012 mencapai 29,48 juta KL atau over kuota rata-rata tiap bulan mencapai 11%," kata Menteri ESDM Jero Wacik dalam Rapat Kerja dengan Agenda penambahan kuota BBM subsidi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/9/2012).

Dari tambahan 4,04 juta KL tersebut, pemerintah meminta tambahan 3,43 juta KL untuk premium, 1,11 juta KL untuk solar, dan 0,22 juta Kl untuk LPG 3 kg.

"Tidak hanya premium dan solar, tetapi juga meminta tambahan LPG 3 kg sebanyak 0,22 juta KL," ujar Jero.

Ditambahkan Wakil Menteri ESDM Rudi Rubiandini, tambahan kuota BBM subsidi tersebut dikarenakan beberapa hal.

"Pertama program penghematan BBM subsidi yang direncanakan tidak dapat dilaksanakan secara penuh karena dilakukan bertahap yakni Jabodetabek, Jawa Bali, dan Kalimantan. Selain itu disparitas harga BBM subsidi dengan non subsidi yang terlampau lebar membuat migrasi pengguna BBM non subsidi ke BBM subsidi," ungkapnya.

Selain itu, peningkatan penjualan kendaraan bermotor, pertumbuhan ekonomi serta sudah over kuota BBM subsidi di beberapa daerah.

"Kenapa pemerintah juga meminta tambahan kuota LPG 3 kg, ini karena meningkatnya kesadaran masyarakat dan beralih dari menggunakan minyak tanah ke LPG 3 kg, serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat," tegas Rudi.

Dalam permintaan tambahan BBM subsidi tersebut, pemerintah juga meminta DPR agar menyetujui pembayaran tambahan kuota di 2011 lalu yang lebih 1,27 juta KL, namun hingga saat ini belum dibayarkan karena menunggu persetujuan DPR.

Sebelumnya, menurut laporan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas), seringkali terjadi penyelundupan BBM subsidi yang jumlahnya lumayan. Terakhir, ada sekitar 1.700 KL BBM subsidi diduga yang diselundupkan di Kalimantan. Bahkan ada juga oknum aparat keamanan yang juga membekingi BBM subsidi untuk diselundupkan ke industri.

(rrd/dnl)


Anda sedang membaca artikel tentang

DPR Setuju Jatah BBM Subsidi Ditambah 4 Juta Kiloliter

Dengan url

http://computerandtechnologynews.blogspot.com/2012/09/dpr-setuju-jatah-bbm-subsidi-ditambah-4_17.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DPR Setuju Jatah BBM Subsidi Ditambah 4 Juta Kiloliter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DPR Setuju Jatah BBM Subsidi Ditambah 4 Juta Kiloliter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger