IPO AirAsia Tunggu Akuisisi Batavia Tuntas

Written By Unknown on Tuesday, September 25, 2012 | 10:00 AM

Jakarta - PT Indonesia AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya murah siap melepas saham kepada publik tahun depan. Manajemen masih menunggu tuntasnya akuisisi 100% Batavia Air.

Direktur CIMB Securities Yuga Nugraha yang mewakili Indonesia AirAsia sebagai penjamin pelaksana emisi Initial Public Offering (IPO), menjelaskan penjualan saham perdana milik AirAsia Berhad ini diperkirakan terlaksana triwulan I-2013.

"Penundaan IPO karena Indonesia AirAsia masih memproses penyelesaian merger atas akuisisi Batavia Air," jelasnya.

Proses teknis ini harus dilalui selain penyelesaian hukum termasuk meminta persetujuan dari pemegang saham. Indonesia AirAsia juga wajib mengaudit laporan keuangan terakhir sebagai syarat dari pelepasan saham kepada publik.

"Proses merger bisa selesai tahun ini, lalu dilakukan audit laporan keuangan. Misalnya pakai tahun buku Desember 2012, paling cepat IPO jadinya di semester II tahun depan," tambahnya.

Ia pun menerangkan hasil IPO Indonesia AirAsia mencapai US$200 juta, atau sesuai dengan pernyataan CEO Group AirAsia Berhard, Tony Fernandes.

Tony memang sebelumnya menegaskan rencana IPO anak usahanya tersebut. Total saham yang dilepas sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

AirAsia Berhad memang terus ekspansi di setiap negara Asia Negara. Salah satu caranya dengan IPO. Perusahaan AirAsia di Singapura dan Thailand juga telah mencatatkan sahamnya di Bursa masing-masing negara.

Saat IPO di Thailand, perseroan memperoleh dana 4,5 miliar baht atau US$ 143 juta di Mei 2012.

(wep/dru)


Anda sedang membaca artikel tentang

IPO AirAsia Tunggu Akuisisi Batavia Tuntas

Dengan url

http://computerandtechnologynews.blogspot.com/2012/09/ipo-airasia-tunggu-akuisisi-batavia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

IPO AirAsia Tunggu Akuisisi Batavia Tuntas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

IPO AirAsia Tunggu Akuisisi Batavia Tuntas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger